Tahukah Anda?

Halaman 1 dari 20
No 1-5 dari 97

Meniran Kaya Manfaat

Tahukah anda kalau meniran dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh ? Tidak hanya itu saja, tanaman yang sering kita temukan di pinggir-pinggir selokan tersebut juga dapat bermanfaat sebagai obat batuk, peluruh haid dan penambah nafsu makan. Penelitian oleh Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik (balittro) menunjukkan bahwa Meniran (Phyllanthus sp) mengandung 0,01 % tannin yang dapat berperan sebagai antidiare dan 827 mg/100 mg kalium bahan segar yang berfungsi sebagai diuretik. Disamping untuk meningkatkan daya tahan tubuh , meniran juga terbukti berkhasiat memperbaiki fungsi hati dan memperbaiki fungsi hati dan memperbaiki fungsi ginjal. Di pulau di kenal tidak kurang dari

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik

Jahe untuk Bunga Potong

Umumnya jahe lebih dikenal sebagai tanaman berkhasiat obat, yaitu dari species Zingiber officinale. Pada jahe ini, yang digunakan terutama adalah rimpangnya. Namun species lainnya seperti Zingiber spectabile dikenal karena keindahannya sebagai bunga potong. Species lain yang bisa digunakan sebagai bunga potong adalah Z. Zerumbet, Z. Ottensii, Z. Multibracteatum, Z. Kunstleri, dan Z. Fraseri.

Yang disebut bunga potong pada tanaman ini sebenarnya adalah rangkaian braktea. Pada awalmya braktea berwarna kuning kemudian berubah kemerahan dan kemudian menjadi merah. Zingiber spectabile ini tergolong berbunga musiman. Tanaman ini tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi dan memerlukan naungan selama pertumbuhannya. Perbanyakan tanaman dilakukan dengan pemisahan rumpun maupun stek batang.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Hias, Segunung.

Lengkeng dalam Bahasa Mandarin Artinya "Mata Naga"

Lengkeng berbentuk bulat berukuran sebesar kelereng. Lengkeng dalam bahasa mandarin dikenal sebagai ong ya guo/long yan (mata naga). Dalam bahasa Thailand dikenal lam yai, dan dalam bahasa latin dikenal Euphoria longana. Lengkeng banyak tumbuh di provinsi belahan utara Thailand, khususnya di Chiang Mai dan Lamphun, meskipun dipercaya berasal dari Sri Lanka dan India Selatan. Awal pertumbuhan di Thailand disebutkan bahwa sebagai buah-buahan yang dikenal lam yai dibawa dari Cina Selatan untuk Raja Chulalongkorn (Rama V), sebelum tahun 1896. Di Thailand, lengkeng (lam yai) menempati urutan kedua dari lima jenis buah ekspor segar setelah durian (turian), urutan ketiga manggis (mangkut), nenas (sapparot), dan jeruk (som o) (Adel A Kader, 2006; Anonymous, 2006)

Sumber: Dondy A. Setyabudi dan Iceu Agustinisari (BB-Pascapanen)

Burung Hantu Merupakan Pengendali Hama Tikus

Burung hantu (Tyto alba) merupakan predator tikus yang sangat potensial pada perkebunan kelapa sawit. Predator ini mampu menurunkan serangan tikus pada tanaman muda hingga di bawah 5%. Sementara itu, ambang kritis serangan tikus di perkebunan kelapa sawit sebesar 10%. Pada umumnya penanggulangan serangan tikus di perkebunan kelapa sawit dilakukan dengan menggunakan racun tikus (rodentisida). Namun cara ini dapat menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan dan dianggap tidak ekonomis.

Penggunaan burung hantu sebagai musuh alami merupakan satu alternatif penanggulangan hama tikus di perkebunan kelapa sawit yang sangat efektif dan efisien. Biaya pengendalian serangan tikus dengan burung hantu hanya berkisar 50% dibandingkan penanggulangan tikus secara kimiawi.

Sumber: Situs PRIMA TANI (http://primatani.litbang.deptan.go.id)

Tanaman Pisang Bermanfaat untuk Konservasi

Lahan-lahan bekas penambangan, seperti tambang batu bara perlu direklamasi sehingga bisa bermanfaat. Untuk memperbaiki agroekosistem lahan bekas tambang diperlukan tanaman pioneer yang mampu bertahan pada kondisi tersebut, misalnya tanaman pisang. Tanaman pisang mempunyai potensi untuk reklamasi lahan, karena mempunyai perakaran yang rapat, batangnya sukulen dan menahan air. Varietas yang dipilih disarankan yang mempunyai daya adaptasi yang bagus dan menunjang industri pedesaan, misalnya Kepok atau Sepatu Amora.

Sumber: Buku Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Pisang