Atlas Ketersediaan Lahan untuk Pengembangan Pertanian Indonesia


Perluasan areal (ekstensifikasi) pertanian diperlukan untuk meningkatkan produksi. Untuk optimalisasi pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya lahan maka informasi dan data yang akurat tentang potensi, keragaan, ketersediaan, dan kebutuhan terhadap sumberdaya lahan sangat penting . Untuk itu Badan Litbang Pertanian menerbitkan Atlas yang berisi “Data Ketersediaan Lahan untuk Pengembangan Pertanian Indonesia”.

Atlas Ketersediaan Lahan untuk Pengembangan Pertanian Indonesia merupakan himpunan peta-peta ketersediaan lahan pada masing-masing provinsi yang berisikan informasi wilayah-wilayah potensial tersedia untuk pengembangan komoditas pertanian tanaman semusim pada lahan basah (rawa dan non rawa), tanaman semusim lahan kering, dan tanaman tahunan pada lahan kering.

Peta ini merupakan kompilasi dan korelasi hasil-hasil penelitian pada berbagai skala pemetaan sumberdaya lahan pertanian yang dilakukan selama lebih kurang 20 tahun oleh para peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian (dh. Pusat Penelitian Tanah/Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat).

Peta ini disusun berdasarkan peta potensi lahan yang ditumpang-tindihkan (overlay) dengan peta penggunaan lahan (existing land use) masing-masing provinsi.

Softcopy dari peta-peta tersebut telah disusun dalam bentuk e-Files dan dapat didownload.

 

Download peta : Sumatera | Jawa | Kalimantan | Sulawesi | Lainnya

 

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi :

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian (BB SDLP)
Jl. Ir. H. Juanda No. 98
Bogor 16123 - Jawa Barat
Telp: 0251 - 323012, 323011, 327215 Fax: 0251 - 321762, 350762
E-mail: csar@indosat.net.id
Website: http://bbsdlp.litbang.deptan.go.id/