Riset

Sesuai dengan mandat, Balitbangtan melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang pertanian.


Fokus Program

Fokus program Balitbangtan dilakukan dalam usahanya menyediakan inovasi-inovasi teknologi baru guna memenuhi kebutuhan pengguna yang terus berkembang sejalan dengan dinamika lingkungan strategis.


Penelitian Unggulan Saat Ini

Dinamika lingkungan strategis domestik dan global sektor pertanian memotivasi Balitbangtan untuk meningkatkan hasil-hasil penelitian, pengkajian, dan pengembangan pertanian. Ongoing research merefleksikan kegiatan litkaji berkelanjutan yang sedang berjalan.


Profil Sumberdaya Manusia

Sebagai lembaga riset pertanian, Balitbangtan didukung SDM dalam jumlah relatif besar (> 8000 orang), dimana k.l. sepertiganya adalah tenaga fungsional khusus.


Fasilitas

Fasilitas penelitian memegang peranan yang penting dalam menentukan keberhasilan dan mutu hasil penelitian untuk menghasilkan inovasi teknologi pertanian. Balitbangtan telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penelitian yang cukup memadai.


Kegiatan Terpadu

Berbagai hasil inovasi teknologi pertanian yang terbagi menjadi beberapa subsektor, dipadukan menjadi satu kegiatan yang terpadu untuk kemajuan pertanian Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan petani.