Profil

Sejak didirikan pada tahun 1974, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah mengalami banyak perubahan, baik dari sisi organisasi maupun kepemimpinan. Penambahan maupun pengurangan Unit Kerja (UK) maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT) beberapa kali dilakukan. Pimpinan Balitbangtan datang dan pergi silih berganti, begitu pula program dan kebijakan strategisnya sebagai tuntutan dari dinamika lingkungan strategis sektor pertanian.


Pimpinan Kami

Balitbangtan dipimpin oleh seorang Kepala Badan yang kedudukannya setingkat Direktur Jendral, serta dibantu a.l. oleh beberapa pejabat eselon II setingkat Direktur.


Organisasi

Balitbangtan memiliki beberapa pusat penelitian dan pengembangan, balai besar, balai dan loka penelitian, serta balai pengkajian yang berada di setiap propinsi.


Kebijakan Strategis

Untuk menjaga kontinuitas dan konsistensi program litbang, sekaligus menjaga fokus sasaran yang akan dicapai diperlukan Renstra yang terdiri dari Visi, Misi, Kebijakan dan Program untuk dilaksanakan dalam periode tertentu.


L A K I P

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Balitbangtan merupakan bentuk pertanggungjawaban kinerja Balitbangtan dalam mendukung pemerintahan yang berdaya guna, berhasil guna, bersih dan bertanggungjawab, sesuai dengan Instruksi Presiden No. 7 tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan SK Kepala LAN No. 239/IX/6/8/2003 tentang Panduan Penyusunan LAKIP dan Permen PAN-RB No. 29/2011 tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan LAKIP.


Sejarah

Balitbangtan telah mengalami beberapa kali perubahan dan penyempurnaan. Secara ringkas, evolusi organisasi dan kelembagaan Balitbangtan dalam sub menu ini.