SDM Profesional » Prof.(Riset). Dr. Ir. Mesak Tombe, M.S.

Prof.(Riset). Dr. Ir. Mesak Tombe, M.S.
Nama:Prof.(Riset). Dr. Ir. Mesak Tombe, M.S.
Unit Kerja:Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat
Pendidikan:S3
Jabatan:Profesor Riset
Bidang Penelitian:Hama dan Penyakit Tanaman
E-mail:balittro@litbang.deptan.go.id, vanilla_tombek@yahoo.com
KomoditasVanili, Pascapanen

Profil

Mesak Tombe dilahirkan di Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan tanggal 19 Januari 1952. Putra keempat dari 11 bersaudara dari pasangan bapak P.L.Tombe dan ibu Yohana Padang. Tahun 1982 menikah dengan Sylvia Orpa Rundupang, dan telah dikarunia 3 orang anak yaitu: Mesy Patricia Tombe, Spi, Olivia Mercelya Tombe Ssi dan Geraldi Ayub Tombe

Lulus sarjana pertanian (S1) jurusan Hama Penyakit pada tahun 1978 dari Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin Ujung Pandang. Tahun 1985 mendapat gelar magíster sains (MS) dari Fakultas Pascasarjana Institute Pertanian Bogor (IPB) dan mendapat gelar Doctor (S3) dalam bidang soil borne pathogen di Faculty of Agriculture, Hokkaido Unversity, Sapporo Jepang pada tahun 1994. Melalui SK LIPI no 372/A/2010 tanggal 25 Maret 2010 memperoleh gelar Prof Riset bidang Fitopatologi dengan judul orasi “Ramah Lingkungan Dalam Pengendalian Terpadu Penyakit Busuk Batang Vanili”

Pendidikan tambahan yaitu tahun 1990 mengikuti training Soil Borne Pathogen, selama 6 bulan di NIAES, Agricultural Depart. Tsukuba, JAPAN dan tahun 1992 selama 6 bulan mengikuti training Biolgical Control of Soil Borne Pathogen, di Faculty of Agriculture Hakkaido Univercity di Sapporo, Jepang. Tahun 2002 memperoleh kesempatan dari proyek PHT perkebunan mengikuti training Integrated Pest Management di Wagenigen, Belanda.

Tahun 1979 mulai bekerja di Lembaga Penelitian Tanaman Industri (LPTI), Bogor sebagai tenaga honorer dan tahun 1982 diangkat sebagai PNS di kelompok Hama Penyakit LPTI Bogor dengan golongan IIIa dan mencapai tingkat pembina utama IVe pada tahun 2008 di Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik, Bogor. Sejak tahun 1987 – 1997 sebagai counterpart JICA pada proyek Strengthening Research On Diseases of Industrial Crops In Indonesia. Ditunjuk sebagai pemimpin Program Aneka Tanaman Industri tahun 1998 – 1999 dan program Tanaman Pestisida Nabati tahun 1999 – 2000 di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, Pusat Penelitian Tanaman Perkebunan.

Jenjang fungsional dimulai dari asisten peneliti madya pada tahun 1985 dan mencapai Ahli Peneliti Utama pada tahun 2006. Pada awal kariernya meneliti penyakit pada tanaman vanili secara khusus penyakit busuk batang vanili (BBV); tesis S2 dan S3 adalah tentang penyakit BBV. Fokus penelitian meliputi taxonomi, epidemiologi, teknologi pengendaliaan ramah lingkungan menggunakan fungisida nabati, produksi bibit sehat, pemanfaatan agensia hayati.

Hasil penelitian telah dipublikasi dalam bentuk karya tulis Ilmiah sebanyak 125 tulisan yang diterbit sebanyak 92 tulisan dan yang tidak di terbitkan 34 tulisan serta sebanyak 36 yang berbahasa Inggris. Beberapa hasil penelitian yang telah di patenkan dan komersialkan secara luas yang dikenal dengan teknologi BioFOB yang terdiri dari 4 produk, yaitu biovaksin, pupuk hayati, fungisida nabati dan pupuk bioorganik serta bibit yang bebas dan toleran penyakit tahun 2003 teknologi ini telah komersialkan dalam bentuk waralaba kerjasama Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat dengan pihak swasta di 12 provinsi, serta digunakan secara luas untuk pengembangan vanili dan penanggulangan penyakit BBV. Sebanyak 2 formula yaitu BioFOB dan BioTRIBA telah dipatenkan, untuk komersial. Sebagai peneliti pembantu dalam pelepasan varitas unggul vanili dengan nama VANIA 2 melalui keputusan Menteri Pertanian nomor: 1371/Kpts/SR.120/10/2008 tahun 2008.

Penghargaan diterima pada seminar dan kongres ke IX FPI di Ujung pandang sebagai peneliti muda potensial. Tahun 2006 mendapat penghargaan dari pemerintah (Menteri Pertanian) sebagai peneliti yang berprestasi dalam menghasilkan penelitian yang berkwalitas untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Disamping melaksanakan tugas penelitian juga membimbing beberapa mahasiswa S1 (1985 – 1997) dari: IPB; Fakultas Pertanian, Universitas Pajajaran Bandung; Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Sudirman; Fakultas Biologi, Universitas Pakuan Bogor. Membimbing mahasiswa S2 Fakultas Pascasarjana IPB Jurusan Hama Penyakit pada tahun 2005 – 2007. Penguji luar ujian terbuka S3 Fakultas Pascasarjana IPB dan Universitas Padjadjaran Bandung tahun 2005 – 2009.

Sebagai pembicara tamu/keynote speaker dalam senimar, pelatihan, workshop dalam dan luar negeri diantaranya adalah di Jepang pada konggres nasional Perhimpunan Fitopatologi Jepang dengan judul ”The role of eugenol in disease suppression of stem rot of vanilla” dan tahun 1997 sebagai pembicara tamu pada Workshop Plant Growth Promotion Rizobacteria (PGPR) di Sapporo Jepang

Mesak Tombe, MS, Balittro, Jl.Tentara Pelajar No 3 Bogor, Tlp. (0251) 8321070, Alamat Rumah: Kompleks Balitrro No 8 Menteng Asri Bogor, Tlp. (0251).8319605, Email: vanilla_tombek@yahoo.com