Layanan » Perpustakaan

Perpustakaan Balitkabi

Jenis Layanan:

Perpustakaan Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian melayani masyarakat umum (publik) terutama mahasiswa. Sistem layanan yang diterapkan adalah sistem terbuka (Open Acces) dengan pertimbangan pemakai akan lebih leluasa dalam mendayagunakan informasi yang tersedia di perpustakaan.

Kontak: Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi

Perpustakaan BBP. Mektan

Jenis Layanan:

Layanan Perpustakaan BBP Mekanisasi Pertanian meliputi kegiatan pengadaan sarana dan prasarana, pengadaan bahan pustaka, digitalisasi bahan pustaka, dan perbaikan pelayanan kepada pengunjung perpustakaan.

Kontak: Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian

Perpustakaan BPTP Jambi

Jenis Layanan:

Perpustakaan Digital Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi adalah perpustakaan khusus yang tugas utamanya menunjang dan mendukung penelitian, pengkajian dan kegiatan lainnya yang ada pada BPTP Jambi sebagai Instansi Induknya. Perpustakaan BPTP Jambi juga terbuka untuk umum seperti mahasiswa, pelajar, dosen, petani dan lain-lain yang membutuhkan informasi tentang pertanian. Jenis Layanan yang disediakan :

  • Buku
  • Kumpulan Kooditas
  • Artikel
  • CD Interaktif
  • Majalah
Kontak: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi

Perpustakaan BPTP Jawa Barat

Jenis Layanan:

Layanan yang tersedia di Perpustakaan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Barat yaitu :

  • Koleksi Buku
  • Pangkalan Data: Katalog buku, Katalog majalah, CD-ROM, Daftar Isi Majalah Terbaru, Iptek pertanian, Penelitian yang sedang berjalan (CARIS) dan Paket Teknologi
  • Jurnal Elektronik
Kontak: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Barat

Perpustakaan BPTP Riau

Jenis Layanan:

Perpustakaan BPTP Riau menyediakan jenis layanan yaitu perpustakaan digital berupa prosiding, leaflet, buletin, dan buku.

Kontak: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Riau

Perpustakaan Puslitbang Hartikultura

Jenis Layanan:

Perpustakaan Puslitbang Hortikultura memberikan layanan informasi kepada pengguna sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Perpustakaan Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbang Hortikultura) merupakan Perpustakaan Khusus yang sebagian besar koleksinya tanaman hortikultura yaitu Tanaman Hias, Tanaman Sayuran, dan Tanaman Buah. Perpustakaan Puslitbang Hortikultura didirikan dan diperuntukkan untuk menunjang kegiatan Penelitian. Terutama para Peneliti, serta para mahasiswa yang akan menyusun dan mengadakan penelitian, petani dan pengusaha yang membutuhkan informasi tanaman hortikultura

Kontak: Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura

Perpustakaan Puslitbang Peternakan

Jenis Layanan:

Layanan Perpustakaan Puslitbang Peternakan Jenis Layanan :

  1. Koleksi Buku
  2. Pangkalan Data: Katalog buku, Katalog majalah, CD-ROM, Daftar Isi Majalah Terbaru, Iptek peternakan, Penelitian yang sedang berjalan (CARIS) dan Paket Teknologi
  3. Jurnal Elektronik
Kontak: Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan

Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian

Jenis Layanan:

Kebutuhan informasi penelitian pertanian perlu ditanggapi secara serius oleh pengelola perpustakaan. Mereka bertangung jawab terhadap ketersediaan informasi yang dibutuhkan, baik yang bersumber dari jurnal ilmiah ataupun yang sifatnya teknologi tepat guna. Perubahan paradigma perpustakaan konvensional menjadi perpustakaan digital sebagai pengaruh perkembangan teknologi informasi dan tuntutan pengguna yang lebih tinggi menyebabkan perpustakaan harus berubah. di Kementerian Pertanian, perubahan tersebut telah dilakukan dengan membangun perpustakaan digital di 65 perpustakaan lingkup Badan Litbang Pertanian, Layanan Pustaka memberikan berbagai layanan perpustakaan seperti layanan sirkulasi, layanan rujukan, layanan informasi terbaru, layanan informasi terseleksi dan layanan penelusuran informasi, baik secara manual maupun elektronis. Koleksi Perpustakaan mengembangkan koleksinya, baik bentuk tercetak seperti buku dan majalah, maupun dalam CD-ROM dan pangkalan data elektronik.

Kontak: Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian