Hasil Riset

Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, berbagai inovasi teknologi telah dihasilkan oleh Balitbangtan. Melalui Balai Penelitian yang menghasilkan teknologi strategis nasional dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) di daerah yang menghasilkan teknologi pertanian spesifik lokasi, Balitbangtan mengarahkan programnya untuk mendorong sistem dan usaha pertanian yang efisien, dengan memanfaatkan sumberdaya pertanian secara optimal sesuai paradigma pembangunan pertanian.


400 Teknologi Inovatif Litbang Pertanian

Buku 400 Teknologi Inovatif Balitbangtan selain sebagai promosi teknologi Balitbangtan secara nasional maupun internasional, juga dapat dijadikan referensi bagi dunia usaha dalam mengembangkan teknologi pertanian yang adaptif, murah dan berdaya saing serta mampu mempercepat pemanfaatan teknologi pertanian terbaru di masyarakat.


Varietas

Varietas unggul memegang peranan yang cukup menonjol, terutama dalam kontribusinya untuk meningkatkan produktivitas.


Alat dan Mesin Pertanian

Selain itu, Balitbangtan menghasilkan berbagai macam prototipe alat dan mesin pertanian yang bermanfaat bagi petani. Prototipe tersebut merupakan hasil dari kegiatan penelitian dan perekayasaan alsintan.


Produk

Selain varietas unggul dan alsintan, Balitbangtan menghasilkan banyak produk lainnya, seperti vaksin, bibit ternak, tool kit, peta, dan sebagainya.


Pasca Panen Pertanian

Teknologi pascapanen diyakini merupakan kunci untuk meningkatkan nilai tambah dan dasar pengembangan agroindustri yang berdaya saing. Hasil litbang pascapanen dimaksudkan untuk meningkatkan inovasi teknologi penanganan dan pengolahan hasil pertanian mendukung ketahanan pangan, nilai tambah, daya saing dan ekspor.


Budidaya

Untuk mendapatkan hasil produk pertanian yang baik, perlu dilakukan teknik budidaya yang baik dan benar. Sub menu ini menyajikan berbagai teknik budidaya pertanian hasil penelitian dan pengkajian UK/UPT Balitbangtan.


Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit memegang peranan penting dalam menjaga kualitas dan produktivitas produk pertanian agar mendapat hasil yang maksimal.

 


Analisis Kebijakan dan Rekomendasi

Untuk mencapai hasil produksi pertanian yang maksimal, Balitbangtan mengeluarkan berbagai analisis kebijakan dan rekomendasi yang didapat dari penelitian dan kajian yang mendalam.


Plasma Nutfah Pertanian

Plasma nutfah adalah sumber daya alam keempat di samping sumber daya air, tanah, dan udara yang sangat penting untuk dilestarikan. Pelestarian plasma nutfah sebagai sumber genetik akan menentukan keberhasilan program pembangunan pertanian.