Berita » Sosialisasi Peraturan Jabatan Fungsional Peneliti

(adm/09 Sep 2011)

Badan Litbang Pertanian bekerja sama dengan Pusbindiklat Peneliti LIPI kembali melaksanakan Sosialisasi Peraturan Jabatan Fungsional Peneliti. Kali ini sosialisasi dilaksanakan pada 9 September 2011 bertempat di BPTP Sumatera Barat, Sukarami, dihadiri oleh 65 peserta dari BPTP Sumbar, Balitbu, dan KP Laing. Pada acara tersebut, Kepala Pusbindiklat Peneliti LIPI didampingi oleh Ketua TP2I Kementerian Pertanian, Kepala Bagian Kepegawaian Badan Litbang Pertanian, Kepala BPTP Sumatera Barat, dan Plh. Kepala Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika.

Pada acara dimaksud, Kepala Pusbindiklat Peneliti LIPI, Drs. M. Bashori Imron, MSi, menginformasikan tentang kenaikan tunjangan jabatan fungsional Peneliti yang rencananya bermula saat Presiden menghadiri Pekan Padi Nasional di Balai Besar PenelitianTanaman  Padi, Sukamandi tahun 2008 dan terakhir pada saat kunjungan Presiden ke Balai Penelitian Ternak pada 22 Agustus 2011. Hal lain yang dibicarakan dalam diskusi dengan peneliti, antara lain:

  1. Masa jabatan fungsional bisa sampai 7 (tujuh) tahun pada jenjang jabatan yang sama apabila pangkat lebih rendah dari jabatan, karena bebas sementaranya dihitung berdasarkan  tmt pangkat yang diproses maksimum 1 tahun dari yang seharusnya.
  2. Kiat-kiat untuk mendapatkan angka kredit, contohnya UK dapat mengadakan seminar internal setiap bulan/minggu dengan mengundang 3 (tiga) instansi diluar Kementerian Pertanian.
  3.  Usulan penilaian untuk Peneliti Pertama/Peneliti Muda yang akan naik ke jenjang Peneliti Madya boleh dengan menggunakan surat keterangan telah melaksanakan seminar apabila usulan ke LIPI diajukan sebelum Januari 2012.

Kepala Pusbindiklat Peneliti LIPI berkesempatan mengunjungi Kebun Percobaan Sumani, Solok yang berada dalam pengelolaan Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika. Kepala Pusbindiklat Peneliti LIPI sangat terkesan pada koleksi dan bibit tanaman yang tersedia di KP Sumani, antara lain: Durian, Manggis, Mangga, Sirsak, Salak, Pisang, Markisa, Buah Naga, Semangka, Melon, dan Pepaya Merah Delima. Kepala Pusbindiklat Peneliti LIPI sedang memikirkan kerja sama yang dapat digalang antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dengan Badan Litbang Pertanian.

Baca juga berita :

Sosialisasi Peraturan Jabatan Fungsional Peneliti