Berita » Tepung Kulit Buah Manggis sebagai Produk Minuman Instan Kaya Antioksidan

(adm/26 Agu 2011)

Buah manggis, selain dikenal sebagai queen of fruit, ternyata menyimpan banyak khasiat yang masih perlu dikuak oleh para peneliti. Pada dekade terakhir, tidak hanya daging buahnya yang dimakan, tetapi justru kulitnya menyimpan banyak manfaat sebagai bahan pangan fungsional, antara lain sebagai minuman fungsional. BB-Pascapanen telah menghasilkan salah satu minuman instan kulit buah manggis dalam bentuk tablet effervescent dengan rasa manis asam dan berkarbonasi serta rendah kalori. Jika ingin mendapat manfaat dari antioksidan yang dikandungnya tinggal masukkan tablet dalam segelas air.

Dibalik keeksotikannya, ternyata manggis menyimpan berbagai potensi yang luar biasa dalam menunjang kesehatan atau biasa disebut dengan istilah functional food.  Di beberapa negara, sudah sejak lama manggis dijadikan sebagai obat dan bahan terapi, terutama bagian kulitnya. Kulit buah manggis (KBM) merupakan salah satu bagian terbesar dari buah manggis yang dikategorikan sebagai limbah. Analisis proksimat pada KBM menunjukkan bahwa kadar airnya 62,05%, kadar abu 1,01%, kadar lemak 0,63%, rotein 0,71%, total gula 1,17% dan karbohidrat by different 35,61%.  Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa KBM kaya akan kandungan antioksidan, terutama antosianin, xanthone, tannin, maupun asam fenolat. 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi : Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanain (BB Pasca Panen).



manggis