Berita » Pedoman Pelaksanaan SL-PTT Padi Hibrida

(hms/16 Agu 2011)

Berdasarkan sistem produksinya, pengembangan padi hibrida di Indonesia sangat prospektif  mengingat unsur-unsur pengembangannya telah tersedia. Setidaknya ada lima kunci utama untuk pengembangan dan tujuh kriteria areal budidaya agar produktivitas padi hibrida dapat tercapai secara maksimal. Sebagian varietas padi hibrida yang dilepas di Indonesia bereaksi rentan terhadap hama penyakit utama padi. Kaitannya dengan hal tersebut, Badan Litbang Pertanian meluncurkan Pedoman Pelaksanaan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) Padi Hibrida agar dapat dijadikan sebagai acuan bagi para nara sumber, pelatih, fasilitator atau pemandu lapang dalam pelaksanaan SL-PTT.

SL-PTT Padi Hibrida merupakan suatu infrastruktur bagi proses belajar mengajar dalam budidaya dan memproduksi benih padi hibrida yang dilakukan di lapangan. Informasi ini perlu diangkat mengingat dalam budidaya padi hibrida itu membutuhkan kecermatan yang memadai. Lima kunci utama untuk mendukung pengembangan padi hibrida adalah (1) varietas yang cocok,  (2) benih bermutu, (3) teknologi budidaya yang tepat, (4) wilayah yang sesuai dan (5) kemampuan petani dalam mengadopsi dan menerapkan teknologi.

Kelima kunci utama tersebut masih perlu didukung dengan tujuh kriteria area/wilayah  budidaya agar tingkat produktivitas padi hibrida dapat tercapai secara maksimal yaitu (1) wilayah dnegan produsi padi tinggi, (2) wilayah dengan irigasi terjamin dan drainase baik, (3) kondisi tanah yang subur dengan tekstur ringan sedang, (4) tidak termasuk wilayah endemis Wereng Batang Coklat (WBC), Hawar Daun Bakteri (HDB) dan Tungro, (5) wilayah dengan jadwal tanam serempak, (6) mudah mendapatkan input produksi (pupuk, pestisida, dll) dan (7) petaninya responsif.

Agar petani tidak merugi dalam budidaya padi hibrida, alangkah baiknya para penyuluh/petani/ketua kelompok tani dapat mempelajari pedoman ini.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi : Balai Besar Tanaman Padi (BBPadi)

Berita Terkait :

SL-PTT Padi Hibrida

Lampiran