Berita » Mentan Lantik 17 Jabatan Eselon I Kementerian Pertanian Secara Serentak

(adm/01 Nop 2010)

Menteri Pertanian Ir. H. Suswono, MMA melantik secara serentak 17 posisi setingkat Eselon I di lingkungan Kementerian Pertanian, hari ini (1/11) di Auditorium Kemtan. Ketujuh belas posisi tersebut antara lain Badan Litbang Pertanian, Ditjen Tanaman Pangan, dan Ditjen Hortikultura. Penunjukkan pejabat Eselon I kali ini berdasarkan masukan dan usulan dari pejabat eselon I dan II saat berkumpul di Pusat Pelatihan Karantina, Rawa Banteng sekitar 6 bulan yang lalu. “Penunjukkan ini berdasarkan pilihan dari teman-teman Anda sendiri. Tunjukkan bahwa pilihan tersebut tidak salah”, ungkap Mentan dalam pidato sambutannya.

Mentan menyatakan bahwa pergantian pimpinan Eselon I ini merupakan hal yang harus dilaksanakan mengingat ada beberapa pejabat yang telah memasuki masa purna bakti dan tidak dapat diperpanjang jabatannya sesuai dengan arahan presiden SBY. Selain itu, didasari pula adanya perubahan organisasi Eselon I Kementerian Pertanian, seperti Badan Pengembangan SDM Pertanian menjadi Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Ditjen Peternakan menjadi Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ditjen Pengelolaan Lahan dan Air menjadi Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian, dan beberapa Staf Ahli.

Momentum pelantikan ini menjadi lebih bermakna mengingat waktunya yang diapit oleh dua hari besar nasional, yaitu, Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan. Seperti diungkapkan Mentan, dari Hari Sumpah Pemuda dapat diambil semangatnya untuk membawa Indonesia yang lebih baik melalui pembangunan pertanian. Sedangkan dari Hari Pahlawan dapat diambil semangat pengorbanan tanpa pamrih.

Pada kesempatan yang sama, Mentan kembali mengingatkan bahwa terdapat ‘4 Sukses’ yang telah dicanangkan yang harus dipenuhi, yaitu, (i) tercapainya swasembada dan swasembada berkelanjutan, (ii) diversifikasi pangan, (iii) peningkatan nilai tambah, daya saing, dan ekspor pertanian, dan (iv) peningkatan kesejahteraan petani.

Mentan juga mengingatkan bahwa jabatan bukanlah kehormatan, tetapi merupakan amanah. Para pejabat yang dilantik diingatkan Mentan agar tidak merasa paling pintar. “Masih ada para senior ataupun mantan pejabat yang perlu dimintai saran, masukan dan pendapatnya. Tantangan ke depan makin berat!”, tegas Mentan.

Berikut adalah 17 pejabat yang hari ini dilantik berdasarkan Keputusan Presiden No. 157/M Tahun 2010.

1. Ir. Hari Priyono, M.S. sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (menggantikan Dr. Ir. Hasanuddin Ibrahim, Sp.I.)
2. Dr. Ir. H. Sumarjo Gatot Irianto, M.S., D.A.A. sebagai Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (menggantikan Ir. Hilman Manan, Dipl.H.E.)
3. Ir. Udhoro Kasih Anggoro, M.S. sebagai Direktur Jenderal Tanaman Pangan (menggantikan Ir. Sutarto Alimoeso, M.M.)
4. Dr. Ir. Hasanuddin Ibrahim, Sp.I. sebagai Direktur Jenderal Hortikultura (menggantikan Dr. Ir. Ahmad Dimyati, M.S.)
5. Ir. Gamal Nasir, M.S. sebagai Direktur Jenderal Perkebunan (menggantikan Ir. Achmad Mangga Barani, M.M.)
6. drh. Prabowo Respatiyo Caturroso, M.M., Ph.D. sebagai Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan ( menggantikan Prof. Dr. Ir. Tjeppy Daradjatun Soedjana, M.Sc.)
7. Prof. Dr. Ir. Zaenal Bachruddin, M.Sc. sebagai Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian
8. Ir. Raden Azis Hidajat, M.M. sebagai Inspektur Jenderal (menggantikan Dr. Mulyanto, M.Eng.)
9. Dr. Ir. Haryono, M.Sc. sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (menggantikan Dr. Ir. H. Sumarjo Gatot Irianto, M.S., D.A.A. )
10. Dr. Ir. Ato Suprapto, M.S. sebagai Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
11. Prof. (Riset) Dr. Ir. Achmad Suryana, M.S. sebagai Kepala Badan Ketahanan Pangan
12. Ir. Banun Harpini, M.Sc. sebagai Kepala Badan Karantina Pertanian (menggantikan Ir. Hari Priyono, M.S.)
13. Ir. Hj. Yusni Emilia Harahap, M.M. sebagai Staf Ahli Bidang Lingkungan
14. Dr. Ir. H. Iskandar Andi Nuhung, M.S. sebagai Staf Ahli Bidang Inovasi dan Teknologi
15. Ir. Syukur Iwantoro, M.S., M.B.A. sebagai Staf Ahli Bidang Investasi Pertanian
16. Prof. Dr. Ir. Pantjar Simatupang sebagai Staf Ahli Bidang Kebijakan Pembangunan Pertanian
17. Prof. Dr. Ir. Tahlim Sudaryanto sebagai Staf Ahli Bidang Kerjasama Internasional

 

Sumber: diolah dari Keppres No. 157/M Tahun 2010 dan Dokumentasi Humas Badan Litbang Pertanian

 

Berita terkait:

17 Jabatan Eselon I Kementerian Pertanian yang baru dilantik beserta istri