Berita » 199 Proposal Lolos Seleksi Awal Kerja Sama Program KKP3T

(adm/29 Jan 2010)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Badan Litbang Pertanian menyelenggarakan Kerja Sama Kemitraan Penelitian Pertanian dengan Perguruan Tinggi atau yang dikenal dengan Program KKP3T. Untuk T.A. 2010, dari 698 proposal yang diterima secara online, hanya 199 proposal yang lolos seleksi online. Proposal yang lolos tersebut berasal dari 34 perguruan tinggi se-Indonesia, seperti yang terekam dari surat yang dikirim Badan Litbang Pertanian kepada ketua lembaga penelitian perguruan tinggi.

Ke-192 proposal tersebut terbagi menjadi 11 bidang penelitian, yaitu, i) tanaman pangan; ii) tanaman hortikultura; iii) perkebunan; iv) tanaman obat dan biofarmaka; v) peternakan dan veteriner; vi) biotek dan sumberdaya genetika; vii) teknologi pasca panen; viii) mekanisasi pertanian; ix) sumberdaya lahan dan lingkungan; x) sosiologi dan ekonomi pertanian; dan xi) aplikasi IT pada bidang pertanian. Bidang yang terakhir merupakan bidang yang baru muncul pada T.A. 2010 ini.

Setiap proposal yang lolos seleksi awal tersebut, diwajibkan untuk mengirimkan proposal tertulisnya untuk bahan penilaian selanjutnya. Proposal yang dikirim terdiri dari 5 rangkap, yaitu, satu proposal asli dan 4 fotocopy-nya. Warna jilid proposal pun dibedakan. Untuk proposal lanjutan, jilid proposal asli harus berwarna putih dan proposal fotocopy-nya berwarna kuning. Sedangkan proposal baru, jilid proposal aslinya berwarna biru dan fotocopy-nya berwarna hijau.

Semua proposal tersebut harus sudah diterima Sekretariat Badan Litbang Pertanian paling lambat tanggal 10 Pebruari 2010. Jadwal tentatif program KKP3T T.A. 2010 dan daftar proposal yang lolos seleksi dapat di-download pada halaman ini. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi tlp/fax. 021-78831114 atau email kkp3t@litbang.deptan.go.id .

 

Sumber: Bagian Kerja Sama dan Humas, Sekretariat Badan Litbang Pertanian

Lampiran