Berita » Suswono, Menteri Pertanian Periode 2009 - 2014

(adm/22 Okt 2009)

Kamis, 22 Oktober 2009, Presiden RI Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono melantik 36 menteri dan pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu II di Istana Negara, termasuk jabatan menteri pertanian. Resmi sudah Ir. H. Suswono, MMA menjabat Menteri Pertanian Republik Indonesia untuk periode 2009 – 2014. Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini menggantikan Dr. Ir. H. Anton Apriyantono, MS.

Suswono sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang membidangi masalah pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, kelautan, dan pangan. Posisi tersebut dijabatnya selama lima tahun sejak tahun 2004 (antara.co.id) . Selain itu, Suswono pun pernah menjabat sebagai Tenaga Ahli Menteri Kehutanan tahun 1999 – 2001 (wikipedia.org).

Bidang pertanian bukanlah hal yang baru baginya. Lulus Program S1 Sosial Ekonomi Peternakan IPB (1984), pria kelahiran Tegal, Jawa Tengah 20 April 1959 ini, melanjutkan pendidikannya di Magister Manajemen Agribisnis IPB dan lulus pada tahun 2004. Kini, Suswono sedang dalam proses menyelesaikan Program Doktoral Manajemen Bisnis di IPB (kandidat doktor).

Menyinggung program pertanian kedepan, Suswono menyatakan telah menetapkan visinya. "Saya telah merumuskan konsep pemikiran sebagai visi pertanian lima tahun ke depan yaitu `Pertanian Industrial Unggul Berkelanjutan yang Berbasis Sumberdaya Lokal untuk Meningkatkan Nilai Tambah, Daya Saing Ekspor dan Kesejahteraan Petani`," katanya, seperti diungkapkan pada wartawan antaranews.com.

Visi tersebut menyeleraskan harapan Presiden SBY saat memanggil Suswono untuk uji kelayakan di Cikeas, Senin, 19 Oktober yang lalu, dimana SBY berharap Departemen Pertanian mampu mewujudkan kemandirian pangan dengan meningkatkan produksi beras dan kesejahteraan petani.

Pada kesempatan yang sama, Presiden SBY memberikan 10 arahan soal pertanian. Seperti yang diungkapkan Suswono pada wartawan detik.com (20/10/2009), kesepuluh arahan Presiden tersebut adalah : 1) Ketahanan Pangan; 2) Kemandirian Pangan di tiap daerah; 3) Produktivitas Hasil Pertanian; 4) Keterpaduan Antar Sektor; 5) Kesejahteraan Petani; 6) Subsidi Tepat dan Ideal; 7) Ekspor Impor yang Adil; 8) Peningkatan Produksi Peternakan; 9) Peningkatan Kerjasama Negara-negara Sahabat; dan 10) Pemberantasan KKN. (id.yahoo.com)

Kini Suswono telah menjadi nahkoda baru Departemen Pertanian. Jalan panjang telah membentang kedepan. Selamat Datang, Selamat Bekerja, Bapak Suswono, Menteri Pertanian RI 2009-2014!
Terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Bapak Anton Apriyantono atas karya baktinya di Departemen Pertanian periode 2004-2009.

 

Sumber : diolah dari berbagai media :

Suswono (id.wikipedia.org)
Suswono: Saya Kandidat Doktor Pertanian (kompas.com)
Kemandirian Pangan Indonesia, Obsesi Seorang Suswono (antara.co.id)
10 Arahan SBY Soal Pertanian untuk Suswono (id.news.yahoo.com)
Suswono Tingkatkan Produktivitas Tanaman Pangan (kompas.com)

 

Suswono, Menteri Pertanian KIB II (Periode 2009-2014) <foto: kompas.com/reza fathoni>