Berita » Penyakit Tanaman Cabe dan Pengendaliannya

(hms/07 Jul 2009)

Salah satu kendala penyebab rendahnya produksi adalah gangguan penyakit yang dapat menyerang sejak tanaman di persemaian sampai hasil panennya. Patogen, berarti sesuatu yang menyebabkan tanaman menderita. Penyebab tanaman menderita tidak selalu berupa mahkluk hidup, tetapi juga sesuatu yang tidak hidup, seperti virus, hara, air atau penyebab lainnya.

Gangguan penyakit maupun hama pada tanaman cabe sangat kompleks, baik pada musim hujan maupun musim kemarau. Bahkan dapat menimbulkan kerugian cukup besar, seperti yang diuraikan oleh Dr. Ati Srie Duriat, peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) bersama timnya. Untuk mengatasi masalah ini, umumnya para petani melakukan pengendaliannya secara konvensional, yaitu, penggunaan pestisida secara intensif. Penggunaan pestisida ini bahkan mencapai 51% dari biaya produksi. Dari sejumlah tersebut, 17,6% digunakan untuk mengatasi masalah penyakit tanaman, dan sisanya untuk penggunaan insektisida.

Penggunaan pestisida berlebih selain tidak efisien juga dapat menimbulkan berbagai masalah serius seperti akumulasi residu pestisida, penyakit menjadi resisten, epidemi penyakit, terbunuhnya musuh alami dan pencemaran lingkungan. Jalan keluar dari masalah ini adalah pengendalian penyakit dengan konsep pengelolaan tanaman terpadu (PTT), yaitu penggabungan berbagai upaya tindakan terhadap faktor-faktor yang memperngaruhi perkembangan penyakit untuk mendapatkan tanaman cabe yang sehat, aman dan bebas dari cemaran yang membahayakan.

Badan Litbang Pertanian melalui Balitsa telah melakukan serangkaian penelitian tentang penyakit tanaman cabe dan bagaimana penanggulangannya. Hasil penelitian ini disusun dan dikemas sebagai bahan informasi yang membahas tentang penyakit tanaman cabe yang terbawa dari biji, penyakit di persemaian, penyakit pada masa pertumbuhan vegetatif-generatif, penyakit yang menyerang buah, penyakit yang disebabkan oleh makhluk hidup seperti hama penghisap daun, penyakit keracunan, penyakit perubahan kromosom.

Informasi tentang penyakit tanaman cabe ini dilengkapi dari mulai gejala tanaman terserang penyakit, pencegahan dan pengendaliannya serta dilengkapi dengan foto-foto tanaman yang terserang penyakit untuk lebih memperjelas anda dalam mengambil keputusan.

 

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Sayuran

Penyakit Penting Tanaman Cabe dan Pengendaliannya

Lampiran