Berita » Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Kedelai

(hms/06 Mar 2009)

Masalah utama yang dihadapi petani dalam budidaya kedelai adalah gangguan hama dan penyakit serta ketidakseimbangan hara. Beberapa serangan hama dan penyakit, sering kali menampilkan keragaan yang serupa tapi tak sama dengan ketidakseimbangan hara. Anda sebagai petani kedelai? Jangan lewatkan informasi ini.

Kedelai merupakan komoditas yang sangat strategis dan memegang peranan penting bagi kehidupan masyarakat dan perekonomian Indonesia. Tahu, tempe, kecap, dan tauco sebagai produk pangan olahan yang berbahan baku kedelai selalu dihadirkan di meja makan hampir di seluruh rumah tangga Indonesia, baik di pedesaan maupun di perkotaan.

Gonjang-ganjing harga kedelai sebagai bahan baku tahu dan tempe pada awal tahun 2008 menyebabkan harga kedelai di tingkat pengrajin mencapai Rp. 7.500,- per kg. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh para petani  untuk menanam kedelai. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya petani perlu memahami tentang pengendalian hama dan penyakit utama tanaman kedelai. Informasi dalam e-book "Hama, Penyakit, dan Masalah Hara pada Tanaman Kedelai" yang dapat di-download di bawah ini sangat perlu untuk dipahami agar pengendalian hama maupun penyakit dapat dilakukan secara tepat sasaran.

 

Sumber : Puslitbang Tanaman Pangan
Masalah Hama, Penyakit Tanaman Kedelai

Lampiran