Berita » BB Padi Gelar Varietas Unggul Umur Genjah Padi

(hms/16 Jan 2009)

Peningkatan produksi padi ke depan tetap menjadi prioritas utama. Semua peluang dan inovasi harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Untuk itu Balai Besar Penelitian Padi (BB Padi) pada tangal 14-16 Januari 2009 menyelenggarakan Open House, yang merupakan agenda rutin BB Padi dan dilaksanakan setiap menjelang panen. Tema open house kali ini adalah ”Varietas Unggul Umur Genjah Mendukung Keberhasilan Peningkatan Produksi Padi dalam IP Padi 400”. Tema ini diangkat untuk mensosialisasikan kepada pengguna khususnya petani mengenai berbagai varietas  unggul umur genjah yang dimiliki Badan Litbang Pertanian. Hal ini ditujukan untuk mendukung peningkatan produksi padi menuju 2020 dalam rangka memperkuat kemandirian pangan dan peluang ekspor.

Open house yang digelar selama tiga hari ini diselenggarakan di areal Kebun Percobaan Sukamandi, Jalan Raya 9 Sukamandi, Subang Jawa Barat, sekitar 22 km dari pintu tol Cikampek ke arah Cirebon, atau 20 km dari Pamanukan ke arah Jakarta.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperagakan teknologi varietas/galur padi umur genjah yang prospektif bagi program peningkatan produksi beras, membangun dan menjalin komunikasi yang efektif antara lembaga penelitian dan institusi penentu kebijakan, penyuluh, petani, masyarakat dan pelaku agribisnis padi, sehingga mendapatkan umpan balik dari pengguna inovasi padi.

Pengunjung yang datang dapat melihat secara langsung sambil  berdiskusi dengan peneliti padi di tempat pameran pertanaman padi di lapangan (On-Farm). Selain itu terdapat pula informasi tercetak dalam poster-poster dan display yang dipajang di stan pameran dalam ruangan (In-Door). Open house ini terbuka  untuk masyarakat umum, petani, petugas lapang, dinas pertanian, pejabat penentu kebijakan, pelajar, serta mahasiswa.

Ekspose Lapangan (On Farm)
Pengunjung dapat melihat keragaan tanaman, antara lain, varietas dan galur terkini yang dihasilkan Perguruan Tinggi dan lembaga penelitian padi di Indonesia. Pengunjung juga dapat mengetahui kegiatan penelitian pengembangan sumberdaya genetik dan proses pembentukan Varietas Unggul Baru, mulai dari kegiatan hibridisasi sampai pengujian daya hasil lanjutan. Selain itu ditampilkan pula galur-galur harapan padi hibrida, padi tipe baru dan padi konvensional.

Pengunjung juga dapat melihat koleksi plasma nutfah, bahan pemuliaan serta tetua benih. Selain itu pengunjung di lapangan dapat menyaksikan pertanaman demonstrasi galur dan varietas unggulan, seperti, galur/varietas yang toleran terhadap rendaman, galur/varietas umur genjah, toleran kekeringan, galur-galur tahan wereng cokelat biotipe 3, tahan Tungro, juga tahan Hawar Daun Bakteri (HDB). Padi unggul baru yang produksinya tinggi serta berkualitas, padi tahan garam dan toleran keasaman, padi ketan, serta pertanaman padi varietas unggul baru pun tak luput dari informasi yang ditampilkan.

Hal lain yang pengunjung dapati adalah demonstrasi pertanaman PTT menggunakan Varietas Unggul Baru (VUB) pilihan, padi hibrida dan padi tipe baru, teknologi pengendalian tikus, dan Sistem Integrasi Padi dengan Ternak (SIPT). Selain itu juga ditampilkan penelitian pengelolaan lahan, air, tanaman, dan organisme pengganggu tanaman (LATO) dan super impose komponen teknologi Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT).

Ekspose Ruangan (In-door)
Di stand pameran ruangan, pengunjung dapat melihat-lihat, sambil berdiskusi dengan pemandu dan mendapatkan informasi  dari gambar foto, poster perpadian, peragaan/display produk, dan lain-lain yang disajikan secara menarik. 

Acara yang digelar dan terbuka untuk umum ini juga akan dihiasi dengan Widya Wisata Padi, seperti, jalan-jalan menikmati keindahan panorama padi di sawah, memancing ikan di kolam menikmati keindahan burung yang bertengger di pepohonan tengah kolam, dan hiburan lainnya yang menarik.

Informasi lebih lanjut mengenai berbagai teknologi di atas, dapat menghubungi :

  • Ir. M. Yamin  Samaullah, MS (HP. : 08128961354)
  • Ir. Agus Guswara (HP. : 08129598503)
  • Dr. Priatna Sasmita (HP : 08129944746)


Berita terkait :