Berita » 5 Nopember 2008, Batas Terakhir Pendaftaran CPNS Departemen Pertanian

(adm/30 Okt 2008)

Departemen Pertanian (Deptan) kembali membuka kesempatan bagi masyarakat yang berminat untuk bergabung bersama Deptan berkarya bagi bangsa. Kesempatan tersebut terbuka dengan diadakannya penerimaan CPNS Deptan formasi tahun anggaran 2008 yang pendaftarannya dibuka sejak 29 Oktober hingga 5 Nopember nanti. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran tahun ini harus dilakukan secara on-line (online register) melalui website resmi yang beralamat  http://cpns.deptan.go.id.

Tujuan dari rekrutmen ini adalah mencari tenaga-tenaga yang berkompeten di bidangnya, berwawasan luas, bermoral dan berdedikasi tinggi untuk bergabung menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Departemen Pertanian dalam membangun pertanian Indonesia yang berkelanjutan. Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan untuk mengisi formasi PNS di Departemen Pertanian antara lain : Pemuliaan Tanaman, Pasca Panen, Dokter Hewan, Bioteknologi, Teknik/Manajemen Informatika, Statistisk, dan sebagainya. Kualifikasi selengkapnya maupun syarat-syarat yang perlu diperhatikan dapat diunduh berupa file pdf (167,9 KB) atau klik Pengumuman.

Pada rekrutmen pengadaan CPNS 2008 ini Departemen Pertanian membuat situs web yang dikhusukan untuk pengadaan CPNS, situs web ini dilengkapi dengan sistem Pendaftaran Online dan merupakan satu-satunya cara dan alat yang digunakan untuk mengajukan lamaran. Pelamar dapat mengisikan seluruh data pada formulir yang telah disediakan. Tujuan pengembangan sistem ini adalah agar seluruh proses dapat dilakukan secara online, mudah dan transparan bagi seluruh masyarakat.

Dalam situs web tersebut tersedia berbagai fasilitas seperti :

  • Pengumuman : Menampilkan pengumuman secara lengkap yang menginformasikan : kualifikasi pendidikan, persyaratan umum dan khusus, ketentuan pendaftaran, pelaksanaan seleksi dan penetapan CPNS, persiapan sebelum mengajukan lamaran serta keterangan lainnya;
  • Form Pendaftaran : Elektronik form yang dapat digunakan pelamar dalam mengisikan data-data secara lengkap, mulai dari data pribadi, data alamat, data pendidikan serta data pelengkap secara online. Fasilitas ini akan di non-aktifkan pada tanggal 5 Nopember pada pukul 16.00 WIB;
  • Agenda Kegiatan : Menampilkan jadwal kegiatan selama proses rekrutmen;
  • Hasil Test CPNS 2008 : Mengumumkan pelamar yang berhasil lolos ujian tertulis untuk selanjutnya ditetapkan sebagai CPNS Deptan formasi tahun anggaran 2008. Menu ini akan di aktifkan pada tanggal yang telah ditentukan.

Untuk mempermudah layanan kepada masyarakat, maka seluruh informasi yang terkait dengan rekrutmen pengadaan CPNS T.A. 2008 ini akan dipublikasikan melalui media cetak nasional, Tabloid Sinar Tani, situs resmi Departemen Pertanian, situs resmi Eselon I lingkup Departemen Pertanian serta beberapa situs resmi Unit Pelayanan Teknis (UPT) lingkup Departemen Pertanian.

Apabila alamat pendaftaran onlie melalui alamat http://cpns.deptan.go.id sulit diakses, Deptan pun memberikan kemudahan melalui alamat pendaftaran alternatif, yaitu  http://database.deptan.go.id/cpns/.

Selamat mencoba, selamat berjuang!