Berita Baru

Waspadai Hama Pengisap Polong Pada Tanaman Kedelai Di Musim Kemarau

(kbi/28 Agu 2014)

Pengaruh kenaikan suhu pada musim kemarau berdampak terhadap perkembangan dan pertumbuhan serangga hama. Pada kondisi lingkungan suhu optimum, kecepatan proses metabolisme serangga akan meningkat berbanding lurus dengan kenaikan suhu lingkungan. (berita lengkap)

Asyiknya Belajar dan Mengenal Ilmu Teknologi Pertanian

(ptk/28 Agu 2014)

Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) menerima kunjungan siswa-siswi kelas 6 dari SDN Pengadilan 5 Kota Bogor yang berjumlah 120 murid (27/8). Siswa-siswa, dengan diantar guru mereka terlihat antusias dan ingin segera mengikuti kegiatan di PUSTAKA. Kegiatan kunjungan ini menjadi alternatif siswa untuk belajar di luar sekolah. (berita lengkap)

Mesin Pemeras Tebu, Mengatasi Rendahnya Rendemen Pengolahan Nira Tebu

(mkt/27 Agu 2014)

Mesin Pemeras Tebu (Sugar Cane Machine) Prototipe Mesin Pemeras Tebu berfungsi mengatasi permasalahan rendahnya rendemen pengolahan cairan hasil ekstraksi dari batang tamanan tebu (nira tebu). Komponen utama mesin pemeras ini terdiri dari satu unit pemerasan yang terdiri dari tiga roll antara lain satu rol depan untuk mengumpan, satu rol atas untuk menekan dan satu rol belakang untuk membawa dan memeras batang tebu. Komponen lainnya yakni gigi reduksi (reduction gear) dan tenaga penggerak (engine). (berita lengkap)

Jeruk Keprok Batu 55 Menggoda Para Pengunjug Wisata Petik Jeruk

(adm/26 Agu 2014)

Jeruk Keprok Batu 55 Decak kagum terlihat dari ekspresi para pengunjung wisata petik jeruk yang digelar di Tlekung, Batu, Jatim. Jeruk Keprok Batu 55 memang menjadi primadona Kebun Percobaan Tlekung milik Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). Wisata petik jeruk menjadi acara favorit pengunjung open house Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Balitbangtan pada pertengahan bulan Agustus 2014. (berita lengkap)

Penggunaan Benih Jagung Hibrida Regenerasi pada Usahatani Jagung

(tan/25 Agu 2014)

pertanaman jagung Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, penggunaan benih hibrida turunan atau recycled hybrid masih menjadi pilihan petani khususnya pada pertanaman musim tanam kedua. Alasannya pun sederhana, harga benih hibrida mahal dan resiko gagal panen yang disebabkan kekurangan air pada pertanaman di musim kemarau. (berita lengkap)

Pemerah Susu Compatible dengan Cooling Unit

(adm/22 Agu 2014)

Pemerah Susu Konsumsi susu ditingkat nasional dinilai masih rendah. Kondisi tersebut dapat juga dipengaruhi oleh kualitas yang rendah dari susu sapi. Rendahnya kualitas susu sapi (dengan cemaran bakteri rata-rata 106 CFU/ml susu) di Indonesia disebabkan oleh kinerja pemerahan yang tidak memenuhi standard prosedur pemerahan serta belum digunakannya alat perah oleh peternak kecil, disamping belum adanya alat penyimpanan suhu rendah yang mengakibatkan berkembangnya bakteri yang mencemari susu yang berdampak memperburuk kualitas susu. (berita lengkap)

Temu Lapang : Pengelolaan Berkelanjutan Lahan Gambut Terdegradasi

(adm/21 Agu 2014)

ICCTF KUBU RAYA - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Dr. Haryono berkesempatan membuka acara Temu Lapang (Field Day Meeting) Pengelolaan Berkelanjutan Lahan Gambut Terdegradasi untuk Mitigasi Emisi Rumah Kaca dan Mengoptimalkan Produktivitas Tanaman lokasi demplot ICCTF (Indonesia Climate Change Trust Fund) – Kementerian Pertanian (Kementan) di Provinsi Kalimantan Barat, tepatnya di Dusun Banjar Sari Desa Rasau Jaya II, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (20/8). (berita lengkap)

Produktivitas Kedelai di Aceh Bangkit Kembali

(kbi/21 Agu 2014)

ACEH – Hamparan kedelai menguning seluas mata memandang, yang dibatasi dengan bukit-bukit disekitarnya dapat dilihat di Desa Musa Baroh, Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya tempat acara panen raya kedelai oleh Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. Rusman Heriawan, Selasa (19/8/2014). (berita lengkap)

Wamentan : Produktivitas Kedelai di Aceh Melebihi dari Rata-rata Nasional

(kbi/20 Agu 2014)

ACEH – Wakil Menteri Pertanian Dr. Rusman Heriawan panen raya kedelai di Desa Musa Baroh, Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya, Selasa, (19/8/2014). (berita lengkap)

Komitmen dan Mempersiapkan "Integrated Multi Diciplinary Research"

(hms/20 Agu 2014)

Penutupan training MSU Komitmen dan tekad dalam mempersiapkan penelitian yang lebih terintegrasi dan multidisiplin menjadi bekal dari seluruh peserta Research Management Training Program di Michigan State University, demikian saat Dr. Dedi Nursyamsi mewakili para peserta diakhir pelaksanaan training (18/8). (berita lengkap)

Pemanfaatan Lahan Gambut untuk Menekan Emisi GRK

(hms/20 Agu 2014)

Seminar Nasional ICCTF Lahan Gambut Indonesia yang luasnya mencapai 14,9 juta ha, 3 juta ha diantaranya telah digunakan untuk berbagai penggunaan di bidang pertanian termasuk perkebunan kelapa sawit di dalamnya. Namun ada sekitar 4,2 juta ha atau sekitar 28% dari total lahan gambut tidak produktif, karena tertutup semak belukar dan ketiadaan tenaga kerja, serta infra strukrur dan kelembagaan pendukung. Selain tidak produktif, lahan ini juga menjadi sumber emisi gas rumah kaca (GRK) dan rentan terhadap kebakaran. (berita lengkap)

Demfarm Tebu Juring Ganda untuk Pengembangan Tebu Spesifik Madura

(hms/19 Agu 2014)

Panen Tebu Madura Bupati Pamekasan H Achmad Syafii merasa berbangga hati karena wilayahnya dijadikan demfarm untuk pengembangan teknologi usahatani tebu spesifik Madura dengan sistem juring ganda. (berita lengkap)

Biofoam, Kemasan Ramah Lingkungan

(psc/19 Agu 2014)

Nano Biofoam Inovasi teknologi biofoam yang menghasilkan produk bahan kemasan ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan menjadi solusi cerdas mengatasi membanjirnya kemasan plastik dan Styrofoam. Kelebihan dari biofoam, dapat terurai secara alamiah (biodegradable) sehingga tidak berdampak buruk pada lingkungan. (berita lengkap)

Balitbangtan Sudah Manfaatkan Teknologi Nuklir

(hms/18 Agu 2014)

SEAMEO BIOTROP BOGOR- Indonesia telah berhasil memanfaatkan teknologi nuklir untuk mutasi tanaman, setidaknya Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) sudah memanfaatkan teknologi tersebut guna mendapatkan mutasi gen tanaman yang bermanfaat, melaksanakan pemetaan sumber air bawah tanah, dan pasca panen. Setidaknya ada 20 varietas padi dan kedelai yang telah dihasilkan dengan memanfaatkan teknologi ini, demikian ungkap Dr. Haryono saat membacakan keynote speach Menteri Pertanian guna membuka FAO IAEA’s Second Research Coordination Meeting (RCM) on Integrated Utilization of Cereal Mutant Varieties in Crop/Livestock Systems for Climate Smart Agriculture di SEAMEO BIOTROP, Ciawi, Bogor (18/8). (berita lengkap)

VUB Padi dan Jarwo Kurangi Resiko Gagal Panen Akibat Dinamika Iklim

(adm/18 Agu 2014)

Kunker indramayu JABAR – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) yang juga merangkap Plt. Dirjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian Dr. Haryono mengatakan bahwa Kementerian Pertanian dalam hal ini Balitbangtan memiliki varietas unggul baru (VUB) padi berumur pendek dan tahan rendaman yang dapat dimanfaatkan oleh petani untuk mengurangi resiko gagal panen saat kebanjiran. (berita lengkap)

Indo Jarwo Transplanter Mampu Mengatasi Permasalahan Lahan Sawah Sampai Kedalaman 60 cm

(mkt/18 Agu 2014)

Rombongan Presiden saat menyaksikan Demonstrasi Indo Jarwo Transplanter Prototipe II Usaha pemerintah melalui Kementerian Pertanian untuk mewujudkan program penyediaan padi sebesar 75,7 juta ton GKG pada tahun 2010 – 2014 menghadapi berbagai kendala, antara lain menurunnya luas areal sawah akibat laju konversi lahan sawah ke non-sawah, kelangkaan tenaga kerja di bidang pertanian, menurunnya minat generasi muda pada usaha sektor pertanian, masih tingginya susut panen padi, terbatasnya air irigasi dan menurunnya kinerja sebagian besar sistem irigasi, dan ancaman perubahan iklim global. (berita lengkap)

Optimalisasi Kebun Percobaan dan LLIB Guna Dukung Riset Multidisiplin

(hms/15 Agu 2014)

Lapangan di MSU REsearch Station Belajarlah hingga ke negeri China’, adalah salah satu peribahasa yang masih sangat relevan dan terus menjadi penyemangat bagi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dalam upaya meng-upgrade kemampuan sumberdaya manusianya. Salah satunya adalah pelaksanaan Research Management Training ke Michigan State University (MSU), US. (berita lengkap)

VU Toleran, Kunci Sukses Budidaya Kedelai Di Lahan Kering Masam

(kbi/14 Agu 2014)

Kunci Sukses Budidaya Kedelai Upaya untuk meningkatkan produksi kedelai dilakukan dengan cara peningkatan produktivitas dan perluasan areal. Dalam kurun waktu empat tahun 2010 – 2013 telah dapat meningkatkan produktivitas dari rata-rata 1,2 t/ha menjadi 1,4 t/ha. (berita lengkap)

Pengobatan Skabies dengan Daun Gamal pada Kambing dan Domba

(vet/14 Agu 2014)

daun gamal Hewan yang terserang skabies memiliki gejala klinis rasa gatal yang hebat dimana hewan tersebut berusaha menggarukkan tubuhnya pada dinding kandang/pepohonan yang berada di sekitarnya. Adanya keropeng pada kulit sehingga bulu menjadi rontok, dan jika berkelanjutan akan terjadi penebalan dan berbintil. (berita lengkap)

Percepatan Transfer Teknologi Produksi Benih Sumber di Sulawesi Selatan

(tan/14 Agu 2014)

transfer teknologi Dalam rangka memperingati ulang tahun Badan Litbang Pertanian (BALITBANGTAN) ke-40, sekaligus ulang tahun Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Selatan (BPTP) yang ke-20, BPTP Sulawesi Selatan mengadakan Pekan Agroinovasi Badan Litbang Pertanian dengan acara open house yang bertema “Peningkatan Kapasitas Komunikasi untuk Mempercepat Transfer Inovasi Teknologi Pertanian di Sulawesi Selatan”. Kegiatan tersebut diisi dengan serangkaian kegiatan seperti temu teknis, temu usaha, study tour ke KP Bajeng dan Pelatihan Penangkar benih. (berita lengkap)

Penguatan Pre-Breeding dan Penemuan Gen untuk Ketahanan Pangan dan Energi Terbarukan

(hms/13 Agu 2014)

BOGOR - Kekhawatiran terhadap kekurangan pangan, pakan ternak, sandang, dan bioenergi saat ini mulai meresahkan berbagai pihak karena total penduduk semakin bertambah, dengan demikian perlu pendekatan yang bijak dalam perakitan varietas unggul baru dan teknologi budidayanya untuk mengatasi tantangan tersebut. Penerapan teknologi yang tepat dan pemanfaatan Sumberdaya Genetik (SDG) secara optimal diharapkan mampu mendongkrak produkvitas komoditas pertanian. (berita lengkap)

Balitbangtan Raih Juara II Stand Terbaik Ritech Expo 2014

(hms/13 Agu 2014)

JAKARTA – Stan pameran Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dinobatkan sebagai juara II stand terbaik dari 78 peserta yang berasal dari komunitas iptek, lembaga penelitian pemerintah, swasta, umum dan perguruan tinggi pada acara Ritech Expo, Selasa (12/8/2014). (berita lengkap)

Balitbangtan Raih 2 Penghargaan dari Kemenristek

(hms/12 Agu 2014)

JAKARTA – Dua Unit Kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menerima penghargaan dari Kementerian Riset dan Teknologi (KRT) terkait dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta hasil inovasi teknologi yang telah dicapai, Senin (11/8/2014) di Gedung BPPT dalam rangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTENAS) ke-19. (berita lengkap)

Pentingnya Transformasi Teknologi Menjadi Inovasi

(hms/12 Agu 2014)

JAKARTA – Transformasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dipandang menjadi suatu hal yang sangat penting. Hal ini sejalan dengan program penguatan Sistem Inovasi Nasional (SINas) yang merupakan salah satu misi untuk mewujudkan visi Indonesia 2025 yakni mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur. (berita lengkap)

Beragam Manfaat Kesehatan dari Bubuk Kulit Manggis

(psc/12 Agu 2014)

Bubuk Kulit Manggis Manggis (Garcinia mangostana) merupakan buah yang tumbuh di daerah tropis yang terkenal sebagai queen of the fruit (ratu buah). Selain rasa buahnya yang enak, kulit buah manggis dapat dimanfaatkan sebagai bahan tambahan pada pembuatan minuman instan, food supplement yang menyehatkan tubuh. Kulit buah manggis juga bisa dimanfaatkan untuk obat-obatan herbal, kosmetik atau pengawet dan pewarna makanan. (berita lengkap)

Nanoteknologi Solusi Pertanian Masa Depan

(hms/11 Agu 2014)

JAKARTA - Pengembangan produk pertanian saat ini menghadapi banyak tantangan di antaranya berkurangnya ketersediaan lahan, keterbatasan bibit/benih unggul, perubahan iklim yang berdampak pada menurunnya ketersediaan air dan unsur hara serta serangan hama/penyakit. Peningkatan produksi hasil pertanian memerlukan dukungan teknologi yang mampu memberikan jawaban bagi permasalahan global. (berita lengkap)

Mesin Rawat Ratun Tebu Juring Ganda, Solusi Kelangkaan Tenaga Kerja

(mkt/11 Agu 2014)

Mesin Rawat Ratun Tebu Juring Ganda Kegiatan kepras (memotong sisa tebangan agar pertumbuhanya serempak) tebu secara manual membutuhkan tenaga 20 orang per hektar. Hampir setiap musim rawat ratun (pergantian tanaman tebu) tiba, beberapa sentra produksi tebu selalu kesulitan mendapatkan tenaga kerja. Mesin kepras tebu juring ganda dirancang dapat menurunkan biaya sekaligus mempercepat waktu pengeprasan. (berita lengkap)

KRPL Masuk Dalam Chennai Declaration

(hms/08 Agu 2014)

Chenai India Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. Suswono menghadiri acara Asia Pacific Regional Consultation tentang Family Farming di Chennai, India, pada tanggal 7-10 Agustus 2014. Acara yang bertemakan ‘Role of Family Farming in The 21st Century: Achieving the Zero Hunger Challenge by 2025’ ini dilaksanakan atas kerjasama MS Swaminathan Research Foundation dengan FAO, IFAD dan IDRC serta dihadiri oleh Menteri Pertanian dan Wakil Menteri Pertanian beberapa Negara Asia Pasifik seperti Bhutan, Myanmar, Nepal, Indonesia, Bangladesh, India, Fiji dan Jepang. (berita lengkap)

SDG Tanaman untuk Mendukung Ketersediaan Pangan Berkelanjutan

(bio/08 Agu 2014)

Kegiatan di Sumut, DIY dan NTT Perubahan iklim merupakan isu penting yang berpotensi mengancam ketersediaan sumberdaya genetik (SDG) tanaman. Pemanasan global dan bencana alam dapat memacu terjadinya erosi genetik terhadap SDG tanaman yang ada. Oleh karena itu, SDG tanaman perlu dilestarikan agar dapat tersedia secara berkelanjutan dalam mendukung ketersediaan dan ketahanan pangan. (berita lengkap)

Cara Sederhana Berantas Virus Flu Burung Menggunakan Desinfektan

(vet/07 Agu 2014)

Salah satu contoh  satu produk pemutih Yg banyak beredar di masyarakat Sejak awal kemunculannya di tahun 2003, penyakit Flu Burung telah banyak menimbulkan kerugian bagi seluruh masyarakat Indonesia. Penyakit yang disebabkan oleh virus Influenza tipe A dengan subtipe H5N1 ini mampu membunuh unggas yang terinfeksi dalam waktu singkat serta diduga mampu menimbulkan infeksi pada manusia. (berita lengkap)

Sertijab dan Pelantikan Pejabat Struktural Balitbangtan

(adm/06 Agu 2014)

Sertijab dan Pelantikan BOGOR – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menyelenggarakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Struktural Eselon II dan Pelantikan Pejabat Struktural Eselon III, IV, dan V lingkup Badan Litbang Pertanian, Rabu (6/8/2014) di Auditorium III Balitbangtan, Bogor. (berita lengkap)

Produksi Bibit Ubi Kayu

(tan/05 Agu 2014)

Stek ubikayu Ubi kayu diperbanyak dengan menggunakan stek batang. Alasan dipergunakan bahan tanam dari perbanyakan vegetatif (stek) adalah selain karena lebih mudah, juga lebih ekonomis bila dibandingkan dengan perbanyakan menggunakan biji. (berita lengkap)


Lihat Arsip Berita >>

Kategori