Berita Baru

Meski Harga Menurun, Jeruk Keprok Batu 55 Tetap Menjadi Buruan

(adm/25 Jul 2014)

JAWA TIMUR – Menjelang lebaran tahun ini, jeruk Keprok Batu 55 menjadi buruan untuk buah meja. Harga normal yang biasanya mencapai Rp 10.000,- sampai Rp 15.000,- per kg, saat ini turun menjadi Rp 5.000, - (grade C) sampai Rp 8.000,- per kg (grade A) di tingkat petani. (berita lengkap)

Selamatkan Informasi Penting Dunia, PUSTAKA Melakukan Preservasi dan Konservasi Koleksi Antiquariat

(ptk/24 Jul 2014)

antiq Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) sejak tahun 2011 telah mulai melakukan kegiatan pelestarian atau preservasi serta konservasi koleksi antiquariat (Buku Kuno) untuk mempertahankan fisik dan kandungan informasi yang terdapat dalam koleksi tersebut. (berita lengkap)

Model Pertanian Bioindustri Berbasis Sapi Potong

(adm/23 Jul 2014)

Induk pembangunan pertanian di Indonesia tahun 2013-2045 mengusung strategi membangun pertanian-bioindustri berkelanjutan. Hal ini juga telah dituangkan dalam Visi dan Misi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) yakni menjadi lembaga penelitian dan pengembangan pertanian terkemuka di dunia dalam mewujudkan sistem pertanian bio industri tropika berkelanjutan. (berita lengkap)

Jagung Hibrida Biji Putih Bima Putih 1 dan Bima Putih 2

(tan/22 Jul 2014)

Bima Jagung putih sejak dahulu telah menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Jagung putih juga penting untuk mendukung program diversifikasi pangan yang tengah digalakkan oleh pemerintah. (berita lengkap)

Indonesia Bisa Unggul dalam Nanoteknologi Pangan

(psc/21 Jul 2014)

Peneliti BB Pascapanen Dr Sri Yuliani Negara-negara maju terus berlomba menciptakan inovasi berbasis nanoteknologi. Jepang misalnya, kini telah menghasilkan berbagai produk elektronik dengan sentuhan nanoteknologi. Di bidang farmasi dan kosmetik, beberapa negara Eropa mulai banyak menerapkan nanoteknologi. “Indonesia mempunyai keunggulan di bidang pangan, karena kita memiliki sumber daya pangan lokal yang beraneka macam. Kalau nanotek bidang lain, seperti farmasi dan IT, kita memang tertinggal dengan negara lain. Untuk pangan, sesungguhnya kita bisa leading, karena kekayaan sumber daya alam Indonesia jauh lebih melimpah dibanding negara lain,” kata Dr. Sri Yuliani. (berita lengkap)

Pelantikan Eselon II lingkup Kementerian Pertanian

(hms/18 Jul 2014)

JAKARTA – Dalam birokrasi, proses mutasi dan promosi jabatan merupakan suatu hal rutin dalam penempatan jabatan struktural, pada Jumat (18/7/2014) Menteri Pertanian melantik 9 pejabat baru guna mengisi kekosongan beberapa jabatan Eselon II di lingkup Kementerian Pertanian. Dalam sambutannya, Menteri Pertanian menyampaikan bahwa dalam masa kekosongan jabatan struktural di beberapa unit kerja, kinerja dari Unit Eselon II tersebut masih berjalan dengan baik, “hal ini menunjukkan bahwa sistem organisasi Kementerian Pertanian sudah memiliki sistem yang solid” ujarnya. (berita lengkap)

Kementerian Pertanian : Optimis surplus dapat dicapai

(hms/18 Jul 2014)

Surplus optimis Pertanian merupakan sektor yang kompleks yang harus didukung oleh berbagai pihak. Teknologi dan inovasi harus menjadi pendukung utama dalam pengembangan pertanian ke depan, demikian ungkap Kepala Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan), Dr. Haryono saat konferensi pers usai pengukuhan Profesor Riset Kementerian Pertanian ke-116, 117 dan 118 di Auditorium Sadikin Sumintawikarta (17/7). (berita lengkap)

Profesor Riset Agar Posisikan Pemikiran Pada Konteks Pembangunan Pertanian 5 Tahun Ke Depan

(hms/17 Jul 2014)

Orasi Juli 2014 BOGOR – Tiga peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kamis (17/7/2014) dikukuhkan menjadi Profesor Riset ke 116, 117, serta 118 di Auditorium Sadikin Sumintawikarta. (berita lengkap)

ATB Harus Dicatat Secara Tertib dan Rapi

(adm/16 Jul 2014)

BOGOR – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. Haryono dalam kesempatan kegiatan Evaluasi Program/Kegiatan dan Anggaran Balitbangtan 2015 dan serah terima hasil kegiatan TA. 2013, 14 – 16 Juli 2014, menerima secara simbolis atas hasil-hasil penelitian capaian satuan kerja terkait dengan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Aset Tak Berwujud (ATB). (berita lengkap)

Kabadan : Balitbangtan harus dapat menjadi pemecah masalah pembangunan pertanian di Indonesia

(adm/15 Jul 2014)

BOGOR – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengadakan Evaluasi Program dan Kegiatan Balitbangtan, 14 – 16 Juli 2014 di Bogor dan Jakarta. Acara ini sebagai langkah evaluasi kegiatan Balitbangtan Tahun Anggaran 2010 – 2014 dan pemantapan program dan kegiatan Tahun Anggaran 2015. Pada kegiatan ini, Kepala Pusat dan Kepala Balai Besar sebagai pimpinan Unit Kerja Eselon II lingkup Balitbangtan menyerahkan hasil kegiatan tahun Anggaran 2013 serta berkoordinasi dalam menghadapi Tahun Anggaran 2015. (berita lengkap)

Gubernur Aceh Panen Perdana Kedelai di Kabupaten Aceh Timur

(hms/14 Jul 2014)

Panen Kedelai Aceh Timur Aceh – Perluasan Areal Tanam (PAT) kedelai di Aceh telah dicanangkan Gubernur Aceh dr. H. Zaini Abdullah sejak dua tahun lalu. Saat ini program tersebut mulai menuai hasilnya. Panen perdana kedelai varietas Anjasmoro untuk Musim Kemarau I telah dilaksanakan di Desa Paya Talas, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur (13/7). (berita lengkap)

Balitbangtan Dukung Pertanaman Kedelai Di Aceh

(hms/14 Jul 2014)

Potensi kedelai aceh ACEH – Varietas Kedelai Anjasmoro yang dihasilkan peneliti Balitbangtan telah ditanam luas dan berkembang di Aceh. Total luas areal kedelai di Aceh sebagaimana diinformasikan Kepala BPTP Aceh, Ir. M. Basri A. Bakar, Msi adalah seluas 3.700 ha yang terdiri dari lahan sawah dan lahan kering (12/7). (berita lengkap)

Balitbangtan : MP2T3 Disiapkan Untuk Dukung Produktivitas Gula Nasional

(hms/12 Jul 2014)

Jaken, Pati – Dr. Haryono, Kepala Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) berkesempatan melaksanakan panen tebu di Jaken, Pati, Jawa Tengah yang telah menerapkan Model Percepatan Penerapan Teknologi Tebu Terpadu (MP2T3) (12/7). (berita lengkap)

Potensi Serai Wangi Sebagai Penghasil Atsiri di RPL Lok Tamu

(adm/11 Jul 2014)

Serai wangi merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai penghasil minyak atsiri. Tanaman ini mudah dibudidayakan dan tidak menuntut perlakuan khusus, sehingga bagi masyarakat yang berminat mengembangkannya terbuka peluang yang besar. Menurut Nurjannah, pengusaha minyak atsiri di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, penanaman serai wangi sangat mudah, yang penting digunakan bibit yang unggul dan dilakukan perawatan rutin yang sederhana. (berita lengkap)

Hadapi Musim Kering, Balitbangtan Siapkan Varietas Kedelai Umur Genjah dan Tahan Kering

(adm/10 Jul 2014)

Agroekosistem utama produksi kedelai di Indonesia adalah lahan sawah, hampir 60% produksi kedelai di usahakan di lahan sawah. Penanaman kedelai di lahan sawah jatuh pada musim kemarau 1 (MK 1) dan MK 2. Pada kondisi demikian, budidaya kedelai seringkali menghadapi risiko gagal panen karena faktor kekeringan. (berita lengkap)

Hidup Sehat dengan Mengonsumsi Jagung Provitamin A

(adm/08 Jul 2014)

Jagung hibrida Provit A merupakan hibrida silang tunggal yang didapatkan dari hasil persilangan Carotenoid yang diintroduksi dari CIMMYT Thailand, merupakan galur elit yang mempunyai kandungan Pro vitamin A (Beta karoten) yang lebih tinggi dibandingkan jagung kuning yang ditanam ditingkat petani. (berita lengkap)

Balitbangtan dan IIASA Jalin Kerjasama dalam Pengembangan Applied System Analysis

(hms/07 Jul 2014)

Kerjasama IIASA Laxenburg - Dalam upaya mempertajam hasil rekomendasi analisis kebijakan di bidang pertanian yang dihasilkan, Balitbangtan jalin kerjasama dengan IIAASA (International Institute for Applied System Analysis) guna terus mengembangkan penerapan applied system analysis (4/7). Pengembangan yang dilakukan antara lain terkait dengan sistemnya sendiri, kondisi spesifik Indonesia, sumberdaya manusia yang mengelola serta pengembangan tool analysis yang ada dan dengan menggandeng berbagai lembaga nasional dan internasional. Balitbangtan saat ini telah mampu menghasilkan berbagai hasil analisis yang dilakukan dengan pendekatan sistem dan telah menjadi input bagi pengambil kebijakan lingkup Kementerian Pertanian. (berita lengkap)

Peran Balitbangtan Makin Dominan di Forum ITPGRFA

(hms/05 Jul 2014)

10th annyversari ITPGRFA Genewa - The International Treaty on Plant Genetic Resources for Food and Agriculture (ITPGRFA) merayakan ulang tahunnya yang ke 10 pada tanggal 3 Juli 2014. Perayaan kali ini mengambil tema “Integrating Plant Genetic Resources, Data and Technologies for Food and Agriculture Coming into Force” dilaksanakan di Room XXI United Nation di Geneva, dan dihadiri perwakilan 60 negara dan organisasi Internasional. Dr. Agung Hendriadi, Kepala Balai Besar Pengkajian dan Prof. Dr. Erizal Jamal, Kepala BPATP hadir mewakili Indonesia. (berita lengkap)

Mengendalikan Gejala Serangan Thrips Pada Jeruk

(adm/04 Jul 2014)

Thrips menyerang tanaman sayuran juga buah-buahan. Pada buah jeruk, yang diserang oleh hama ini adalah bagian tangkai dan daun muda, yang mengakibatkan helai daun menebal, kedua sisi daun agak menggulung ke atas dan pertumbuhannya tidak normal. (berita lengkap)

Pestisida Nabati "Laseki"

(hms/03 Jul 2014)

Produksi bawang daun Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Peningkatan produksi tersebut mencerminkan minat petani terhadap komoditas tersebut. Namun dibalik kebutuhan dan jumlah produksi daun bawang yang terus meningkat, di sisi lain ada beberapa masalah dalam usahatani bawang daun, salah satunya adalah hama. Hama Spodoptera exigua (Hubner) (Lepidoptera: Noctuidae) merupakan hama penting karena setiap musim tanam hama ini selalu menyerang pada tanaman bawang daun. (berita lengkap)

Jewawut, Alternatif Sumber Pangan Sehat

(adm/02 Jul 2014)

Jewawut merupakan salah satu jenis serealia yang populer di beberapa wilayah di Indonesia seperti Sulawesi Barat, Pulau Buru, NTT dan Jawa Tengah. Jewawut berbentuk biji kecil-kecil dengan diameter sekitar 1 mm. (berita lengkap)


Lihat Arsip Berita >>

Kategori