Artikel » Perkembangan Varietas Unggul Padi Menjawab Tantangan Jaman

Media:Sinar Tani, 26 Pebruari 2003
Ringkasan:

Varietas unggul merupakan teknologi yang mudah, murah dan aman dalam penerapan, serta efektif meningkatkan hasil. Teknologi tersebut mudah, kerena petani tinggal menanam, murah karena varietas unggul yang tahan lama misalnya, memerlukan insektisida jauh lebih sedikit dari pada varietas yang peka. Varietas unggulan relatif aman, karena tidak menimbulkan polusi dan perusakan lingkungan.

Varietas unggul baru selalu dikembangkan untuk menghadapi tantangan zaman. Salah satu terobosan adalah perakitan padi tipe baru. Padi tersebut memiliki tekstur yang memungkinkan memiliki potensi hasil maksimal. Tipe tanaman yang dibentuk adalah malai panjang, jumlah anakan sedikit. Sifat lain yang diharapkan akan terbentuk adalah batang kuat, postur tanaman tegak, daun hijau tua dengan masa penuaan yang lambat, serta tahan terhadap hama penyakit utama.

Padi tipe baru mulai dikembangkan di IRRI dengan banyak memenfaatkan varietas lokal indonesia. Indonesia sendiri mulai merakit oadi tipe baru pada tahun 1985 dan terus dikembangkan sampai sekarang. Padi yang lebih banyak menarik perhatian dunia swasta adalah Padi Hibrida. Padi tipe baru dan padi hibrida, diharapkan merupakan terobosan teknologi yang dapat menciptakan lonjakan produksi nasional.

Penulis: Untung Susanto, S.P. M.P. (BBP Padi)
Download:PDF (81,3 KB)

Lihat artikel lainnya